Napak Tilas Luran Teks Proklamasi

Sebelum tanggal 17 mei 2007, kata-kata Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan sangatlah asing ditelinga saya, seperti tahun-tahun sebelumya Napak Tilas tersebut dilaksanakan setiap bulan mei di kota Kandangan.

Pada mei 2007 yang silam kagiatan Napak Tilas dilaksanakan kembali, saya sangat tertarik untuk ikut serta dalam kegiatan ini sekaligus saya ingin mengatahui apa itu Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan sekaligus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.

Pertanyaan besar pertama saya adalah kenapa di kota Kandangan dulunya ada satuan Tentara ALRI (Angakatn Laut Republik Indonesia) padahal kalau dilihat dari daerahnya kota Kandangan sangatlah jauh dari Laut, bahkan kota Kandangan dikelilingi Pegunungan Meratus dan daerah persawahan, dan kenapa Tentara ALRI bukannya berpusat di daerah Bajarmasin yang notabene dekat dengan laut, setelah mengikuti kegiatan Napak Tilas tersebut akhirnya saya tahu alasan adanya Tentara ALRI di daerah Kandangan, saya mendengar langsung penjelasan-penjelasan dari pelaku sejarah yang masih hidup, beliau menjelaskan panjang lebar perjuangan para pahlawan-pahlawan tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Pertanyaan saya tersebut terjawab dihari pertama mengikuti kegiatan Napak Tilas pada acara Sarasehan dengan veteran-veteran tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Bersambung…………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam Lestari......

komenlah yang sopan karena kami akan menghormati Tamu yang datang...